Pages

Subscribe:

Ads 488x100px

PENDIDIKAN TANPA BATAS

Selasa, 27 Desember 2011

Konflik Papua karena ketidakadilan dan kesejahteraan

Standar kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas social
Kompetensi dasar       : Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat

Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI, Marzuki Alie, menyatakan, akar permasalahan konflik di Papua adalah rasa ketidakadilan dan belum meratanya kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat Papua.

"Masyarakat Papua ingin dihargai sebagai manusia bermartabat. Untuk itulah diperlukan dialog secara konstruktif dalam menciptakan kedamaian di bumi Papua," kata Marzuki Alie saat pidato di rapat paripurna DPR RI pembukaan masa sidang II tahun sidang 2011-2012 di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin,


Peranan Pendidikan Dalam Mewujudkan Mobilitas Sosial

standar kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.
kompetensi dasar    : Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial

Pendidikan dalam kaitannya dengan mobilitas sosial harus mampu untuk mengubah mainstrem pesrta didik akan realitas sosialnya. Pendidikan yang tepat untuk mengubah paradigma ini adalah pendidikan kritis yang pernah digulirkan oleh Paulo Freire. Sebab, pendidikan kritis mengajarkan kita selalu memperhatikan kepada kelas-kelas yan g terdapat di dalam masyakarakat danberupaya memberi kesempatan yang sama bagi kelas-kelas sosial tersebut untuk memperoleh pendidikan. Disini fungsi pendidikan bukan lagi hanya sekedar usaha sadar yang berkelanjutan. Akan tetapi sudah merupakan sebuah alat untuk melakukan peruabahan dalam masyarakat. Pendidikan harus bisa memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang realitas sosial, analisa sosial dan cara melakukan mobilitas sosial.

Konflik Sosial Kasus Tegal Dan Cilacap

standar kompetensi : Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial .
kompetensi dasar    : Menganalisis faktor penyebab konflik sosial dalam masyarakat


Konflik merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Konflik dapat bersifat tertutup (latent), dapat pula bersifat terbuka (manifest). Konflik berlangsung sejalan dengan dinamika masyarakat. Hanya saja, terdapat katup-katup sosial yang dapat menangkal konflik secara dini, sehingga tidak berkembang meluas. Namun ada pula faktor-faktor di dalam masyarakat yang mudah menyulut konflik menjadi berkobar sedemikian besar, sehingga memporakporandakan rumah, harta benda lain dan mungkin juga penghuni sistem sosial tersebut secara keseluruhan. Dalam suasana sistem sosial masyarakat Indonesia yang sangat rentan terhadap berbagai gejolak ini, sedikit pemicu saja sudah cukup menyebabkan berbagai konflik sosial

Minggu, 25 Desember 2011

LATIHAN SOAL SOSIOLOGI XI MATERI : STRATIFIKASI SOSIAL, DIFERENSIASI SOSIAL, MOBILITAS SOSIAL




JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN MEMILIH A, B, C, D ATAU E UTUK JAWABAN YANG BENAR DAN TEPAT!


1.   Stratifikasi sosial adalah ….
a.   perpindahan status sosial
b.   pembedaan anggota masyarakat secara horizontal
c.   usaha-usaha yang dilakukan agar warga masyarakat mentaati norma yang berlaku
d.   pembedaan anggota masyarakat secara vertikal
e.   perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku

2.   Salah satu dasar perbedaan stratifikasi sosiall adalah ….
a.   jenis kelamin                    d. kekayaan
b.   ras                                  e. suku bangsa
c.   umur


struktur sosial

Tujuan Pembelajaran:
Setelah mempelajari bab ini, kamu diharapkan mampu:
  1. Menjelaskan definisi struktur sosial
  2. Mengidentifikasi struktur sosial
  3. Mendeskripsikan fungsi dan bentuk-bentuk struktur sosial
A. Definisi Struktur Sosial
Secara harfiah, struktur bisa diartikan sebagai susunan atau bentuk. Struktur tidak harus dalam bentuk fisik, ada pula struktur yang berkaitan dengan sosial. Menurut ilmu sosiologi, struktur sosial adalah tatanan atau susunan sosial yang membentuk kelompok-kelompok sosial dalam masyarakat. Susunannya bisa vertikal atau horizontal.
Para ahli sosiologi merumuskan definisi struktur sosial sebagai berikut:
v     George Simmel: struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.
v     George C. Homans: struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.
v     William Kornblum: struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku undividu.
v     Soerjono Soekanto: struktur sosial adalah hubungan timbal balik antara posisi-posisi dan peranan-peranan sosial.

Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Sosiologi Untuk SMA Kelas X,XI dan XII

Standard
 Kelas  X,  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1. Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
1.1 Menjelaskan fungsi  sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
1.2 Mendeskripsikan nilai dan norma yang   berlaku dalam masyarakat
1.3 Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola keteraturan dan dinamika kehidupan sosial

Kelas X,  Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
2. Menerapkan nilai dan norma dalam proses pengembangan  kepribadian
 2.1 Menjelaskan sosialisasi sebagai proses dalam pembentukan kepribadian
 2.2 Mendeskripsikan terjadinya perilaku menyimpang dan sikap-sikap anti sosial
 2.3 Menerapkan pengetahuan sosiologi dalam kehidupan bermasyarakat


Kamis, 22 Desember 2011

SEBARAN MATERI UNAS SOSIOLOGI



    Tindakan Sosial
    Proses interaksi sosial
    Syarat terjadinya interaksi sosial
    Bentuk-bentuk interaksi sisial
    Faktor - faktor yang mempengaruhi interaksi sosial
    Nilai dan norma sosial
    Jenis-jenis dan nilai sosial
    Fungsi nilai dan norma sosial
    Keteraturan dan tertib sosial

soal tentang mobilitas sosial


  1. Suatu perpindahan kedudukan atau posisi dari lapisan yang satu ke lapisan sosial yang lain disebut ……..
a.       mobilitas sosial
b.      mobilitas individu
c.       interaksi
d.      integrasi
e.       pencampuran budaya

  1. Pernyataan berikut ini yang menggambarkan mobilitas sosial secara horizontal, yaitu …
a.       guru diangkat menjadi kepala sekolah
b.      petani  beralih profesi menjadi pedagang
c.       menteri diangkat menjadi presiden
d.      siswa-siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
e.       pejabat yang diturunkan pangkatnya

  1. Perpindahan individu atau obyek sosial dari suatu kedudukan yang satu ke kedudukan sosial yang lain tidak sederajat, merupakan mobilitas secara ….
a.       Vertikal
b.      Horizontal
c.       Antagenerasi
d.      Intragenerasi
e.       Terdaftar

  1. Pak Agus seorang buruh bangunnan yang tidak dapat menulis dan membaca tetapi ia berhasil mendidik anaknya sehingga memperoleh gelar sarjana. Contoh tersebut termasuk jenis mobilitas ……..
a.  horizontal antargenerasi
b.  vertikal antargenerasi
c   vertikal
d   horizontal
e   vertikal horisontal





Sosiologi XI IPS smt 1 2011 / 2012 BAB III MOBILITAS SOSIAL

Standar Kompetensi
1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
Kompetensi Dasar
1.3 Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
Indikator
Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial
Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial
Alokasi Waktu
16 x 45 menit
Ringkasan Materi
A. Pengertian Mobilitas Sosial
Mobilitas sosial adalah suatu gerak yang menghasilkan perpindahan tempat kedudukan dan status seseorang dari tempat/ strata satu ke tempat/strata yang lain. Dengan demikian mobilitas sosial adalah perubahan status sosial seseorang dari satu lapisan ke lapisan yang lain. Mobilitas sosial juga diistilahkan dengan proses perpindahan sosial atau gerak sosial.
Dalam kehidupan masyarakat yang makin kompleks, mobilitas adalah sesuatu yang bisa dianggap wajar. Manusia adalah makhluk yang dinamis dalam rangka menyesuaikan dengan perubahan atau perkembangan yang terjadi di sekitar lingkungannya. Perpindahan sosial yang makin sering terjadi dalam masyarakat dapat dibedakan atas :

latihan soal

1. Ilmu yang didasarkan pada teori-teori yang sudah ada kemudian diperbaiki, diperluas dan diperhalus adalah ilmu yang bersifat….
a. empiris
b. teoritis
c. kumulatif
d. non Etis
e. sosial

2. Objek kajian sosiologi adalah …
a. Lembaga masyarakat
b. masyarakat
c. lembaga sosial
d. organisasi sosial
e. dinamika sosial

3. Ruang lingkup sosiologi adalah …
a. sama dengan ilmu-ilmu sosial yang lain
b. lebih sempit dibanding ilmu sosial yang lain
c. lebih luas daripada ilmu sosial yang lain
d. tidak menentu kadang lebih luas, kadang tidak
e. tergantung subjek yang menggunakannya

4. Berikut ini adalah ciri-ciri interaksi sosial, kecuali
a. Jumlah pelakunya dua orang atau lebih
b. Adanya komunikasi antara para pelaku
c. Menggunakan simbol-simbol tertentu
d. Adanya dimensi waktu menentukan sifat interaksi
e. Adanya suatu tujuan yang hendak dicapai

5. Perhatikan pernyataan berikut :
1. koalisi beberapa partai
2. konflik di Aceh
3. TPI Fighting Championship
4. Kofi Anan menjadi mediator antara Irak dan AS
Pernyataan di atas yang merupakan bentuk interaksi sosial assosiatif dan disosiatif adalah nomor……..
a. 1, 2 dan 3, 4
b. 1, 3 dan 2, 4
c. 2, 3 dan 1, 4
d. 2, 4 dan 1, 3
e. 1, 4 dan 2, 3

Selasa, 20 Desember 2011

mobilitas sosial secara luas

Gerak sosial (Mobilitas sosial) adalah perubahan, pergeseran, peningkatan, ataupun penurunan status dan peran anggotanya. Misalnya, seorang pensiunan pegawai rendahan salah satu departemen beralih pekerjaan menjadi seorang pengusaha dan berhasil dengan gemilang. Contoh lain, seorang anak pengusaha ingin mengikuti jejak ayahnya yang berhasil. Ia melakukan investasi di suatu bidang yang berbeda dengan ayahnya. Namun, ia gagal dan akhirnya jatuh miskin. Proses perpindahan posisi atau status sosial yang dialami oleh seseorang atau sekelompok orang dalam struktur sosialmasyarakat inilah yang disebut gerak sosial atau mobilitas sosial (social mobility).

 Definisi


PENGERTIAN KONFLIK SOSIAL



A. PENGERTIAN KONFLIK SOSIAL
Manusia sebagai makhluk sosial selalu berinteraksi dengan sesama manusia. Ketika berinteraksi dengan sesama manusia, selalu diwarnai dua hal, yaitu konflik dan kerjasama. Dengan demikian konflik merupakan bagian dari kehidupan manusia.
Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Konflik, dalam kamus besar Bahasa Indonesia (2002) diartikan sebagai percekcokan, perselisihan, dan pertentangan. Menurut Kartono & Gulo (1987), konflik berarti ketidaksepakatan dalam satu pendapat emosi dan tindakan dengan orang lain. Keadaan mental merupakan hasil impuls-impuls, hasrat-hasrat, keinginan-keinginan dan sebagainya yang saling bertentangan, namun bekerja dalam saat yang bersamaan. Konflik biasanya diberi pengertian sebagai satu bentuk perbedaan atau pertentangan ide, pendapat, faham dan kepentingan di antara dua pihak atau lebih.

bentuk konflik sosial

Bentuk Konflik Sosial
Sasse (1981) mengajukan istilah yang bersinonim maknanya dengan nama conflict style, yaitu cara orang bersikap ketika menghadapi pertentangan. Conflict style ini memiliki kaitan dengan kepribadian. Maka orang yang berbeda akan menggunakan conflict style yang berbeda pada saat mengalami konflik dengan orang lain.

Sedangkan Rubin (dalam Farida, 1996) menyatakan bahwa konflik timbul dalam berbagai situasi sosial, baik terjadi dalam diri seseorang individu, antar individu, kelompok, organisasi maupun antar negara. Ada banyak kemungkinan menghadapi konflik yang dikenal dengan istilah manajemen konflik. Konflik yang terjadi pada manusia ada berbagai macam ragamnya, bentuknya, dan jenisnya. Soetopo (1999) mengklasifikasikan jenis konflik, dipandang dari segi materinya menjadi empat, yaitu:

1. Konflik tujuan

Konflik tujuan terjadi jika ada dua tujuan atau yang kompetitif bahkan yang kontradiktif.

2. Konflik peranan

Konflik peranan timbul karena manusia memiliki lebih dari satu peranan dan tiap peranan tidak selalu memiliki kepentingan yang
sama.

3. Konflik nilai

Konflik nilai dapat muncul karena pada dasarnya nilai yang dimiliki setiap individu dalam organisasi tidak sama, sehingga konflik
dapat terjadi antar individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan organisasi.

4. Konflik kebijakan

Konflik kebijakan dapat terjadi karena ada ketidaksetujuan individu atau kelompok terhadap perbedaan kebijakan yang dikemuka- kan oleh satu pihak dan kebijakan lainnya.
 


Nilai Sosial dan Norma Sosial




NILAI SOSIAL

Pengertian nilai sosial
adalah :
- segala sesuatu yang dianggap berharga oleh masyarakat.

- anggapan masyarakat tentang sesuatu yang diharapkan, indah, dan benar > keberadaan nilai bersifat abstrak dan ideal.  
(UN 2008)


Bentuk-bentuk nilai :
1. Pemikiran 

2. Perilaku
3. Benda 


Contoh nilai sosial dalam masyarakat Indonesia :
- masyarakat Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai keramahan, sehingga bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah.


- masyarakat Indonesia menjunjung tinggi nilai kepedulian sosial, sehingga ketika ada musibah di suatu daerah, bantuan dari berbagai daerah segera datang.



Contoh nilai di sekolah:
- sekolah menjunjung tinggi nilai disiplin waktu, sehingga ketika ada siswa yang terlambat, diberikan sanksi.



Konflik Sosial


Pengertian 
Konflik :
 pertentangan.
Konflik sosial
 : pertentangan antaranggota masyarakat.

Contoh konflik
 : tawuran antarpelajar.

Pandangan tentang Konflik
a. Tradisional: konflik negatif karena dapat merusak solidaritas sosial.
b. Modern: konflik positif karena hidup menjadi dinamis.
c. Netral: konflik merupakan hal yang wajar karena manusia berbeda-beda sehingga akan timbul konflik.

Mobilitas Sosial



Pengertian mobilitas sosial :
perpindahan status seseorang atau kelompok dari satu kedudukan ke kedudukan lain.

Macam-macam mobilitas sosial :


1. Mobilitas horizontal : pada lapisan yang sama.
Contoh : Pak Fajar, yang sebelumnya mengajar di SMK, sekarang mengajar di SMA.

2. Mobilitas vertikal : pada lapisan yang berbeda.
a. Vertikal naik.
Contoh : Ketika masih remaja, para perwira tinggi TNI adalah taruna Akademi Militer.
(UN 2009) (UN 2008)
b. Vertikal turun.
Contoh : Megawati, yang sebelumnya menjadi presiden, sekarang menjadi rakyat biasa.

Vertikal naik-turun
Contoh :
Seorang anggota TNI yang sangat berprestasi berhasil mencapai pangkat perwira tinggi di kesatuannya, namun ia harus pensiun karena faktor usia.
(UN 2010)


Interaksi Sosial

Manusia punya nalurigregariousness, yaitu naluri untuk selalu hidup berkelompok atau bersama dengan orang lain. 

Sebagai  makhluk sosial, manusia punya kecenderungan untuk bekerja sama dengan orang lain.(UN 2008)

Faktor-faktor yang mendorong manusia untuk hidup bersama dengan orang lain yaitu untuk :
a. memenuhi kebutuhan hidupnya
b. mempertahankan diri
c. meneruskan generasi atau keturunan
d. hidup bersama

Minggu, 18 Desember 2011

Menimbang Lagi "Abad Asia"

Ahli serta lembaga ekonomi Barat mendesak China dan India untuk meningkatkan konsumsi.
Senin, 12 Desember 2011, 11:03 WIB
Bonardo Maulana Wahono

VIVAnews - Pada tahun 2050, penduduk Asia diperkirakan mencapai lima miliar orang. Sementara itu, sumbangan Uni Eropa terhadap populasi dunia akan menurun dari 9% menjadi 5%. Pertumbuhan ekonomi rata-rata di Asia  selama lebih dari 30 tahun terakhir menyentuh angka 5% per tahun.

perkembangan antropologi sebelum PD II

materi antropologi indonesia se belum perang dunia ke 2 dapat di download disini
http://www.4shared.com/document/WH7XPTjl/Perkemb_Ant_di_Ind_pra_PD2.html

Sabtu, 17 Desember 2011

Indonesia Dianggap Sabotase Pengendalian Tembakau


Kaum perempuan terdidik mampu jadi katalis perkembangan ekonomi suatu negara.

Ada dua citraan atas dua dunia yang berbeda dalam urutan teratas dan terbawah daftar "Global Women's Progress Report" tahun 2011 yang dipersiapkan oleh majalah Newsweek.

Pada urutan teratas - "Tempat Terbaik Bagi Perempuan" - terdapat negara-negara yang sudah bisa diduga bisa masuk dalam daftar: Islandia dan negara-negara Skandinavia, Belanda, Swiss dan Kanada. Di beberapa negara itu, ada beberapa kedudukan yang perlu diperhatikan selepas tahun 1990an yang menyangkut lima kategori survei: peradilan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan politik. Di Amerika Serikat, perempuan memiliki pendidikan lebih tinggi daripada kaum lelaki. Di Turki, pelaku kekerasan dalam rumah tangga dilarang berada dalam rumah dan dilacak dengan monitor elektronik. Sedangkan Denmark dan Australia memilih perempuan sebagai perdana menteri.

kehidupan keluarga jawa di kota

dapat di download disini
http://www.4shared.com/document/0fhCNyM6/Keluarga_Jawa_di_kota_AI_Autos.html

5 Tipe Teman Penebar 'Racun'




Sangat menyenangkan memiliki banyak teman. Namun, jangan sampai hubungan pertemanan yang selama ini Anda jalani, berujung kelelahan psikologis. Karenanya, penting untuk mengevaluasi hubungan pertemanan.

Sikap seorang teman yang menjengkelkan bisa 'meracuni', bahkan berdampak negatif pada kepribadian Anda.

Cheryl Richardson, seorang life coach mengungkap lima tipe teman yang sebaiknya Anda hindari, seperti dikutip oprah.com.

materi antropologi adat istiadat

materi antropologi adat istiadat dapat dipelajari selengkapnya disini
http://www.4shared.com/document/O8oFLlhQ/ADAT_ISTIADAT.html

Jumat, 16 Desember 2011

perkembangan antropologi di indonesia setelah PD II

perkembangan antropologi di indonesia setelah PD II dapat di download disini
http://www.4shared.com/document/kG2Ed05X/AI_Pra_PD_2.html

antropologi indonesia

materi perkuliahan antropologi indonesia dapat dilihat disini
http://www.4shared.com/document/gqidlmZZ/ANTROPOLOGI_DI_INDONESIA__Orde.html

ketidakadilan gender

materi perkuliahan tentang sosiologi gender dapat dilihat disini
http://www.4shared.com/file/2Z92gkGs/Ketidakadilan_gender.html

materi telaah kurikulum

materi perkuliahan telaah kurikulum dapat dilihat di link dibawah ini
http://www.4shared.com/document/XtZKbOBX/SI_DAN_SKL_Adang.html

statistika,ukuran pemusatan data

statistika,ukuran pemusatan data

statistika, populasi dan sampling

statistika, populasi dan sampling dapat dilihat disini
http://www.4shared.com/document/SassHkxz/Populasi_dan_Sampling_baru.html
http://www.4shared.com/document/XWXetYZv/statistika.html

statistika,ukuran pemusatan data

statistika,ukuran pemusatan data dapat didownload disini
http://www.4shared.com/document/IfmYrgFv/Ukuran_Pemusatan_Data.html

METHODOLOGICAL_STANCES_ASSOCIA

http://www.4shared.com/file/xzgVsvUf/METHODOLOGICAL_STANCES_ASSOCIA.html

menentukan tema topik dan masalah

cara menentukan tema topik dan masalah dapat dilihat disini
http://www.4shared.com/document/1FVC2VPU/Tema_Topik_dan_Masalah_2.html

perilaku sosial

perilaku sosial dapat dilihat disini untuk selengkapnya
http://www.4shared.com/document/EdhRtz9f/perilaku_sosial.html

fungsionalis struktural

http://www.4shared.com/document/V3DpbCwX/FUNGSIONALIS_STRUKTURAL.html

keterlekatan dan jaringan sosial

http://www.4shared.com/document/gdr8DVrO/3KETERLEKATAN_DAN_JARINGAN_SOS.html

materi tentang observasi

http://www.4shared.com/file/4OYO718p/observasi.html
http://www.4shared.com/file/PnYXKfpk/observasi_2.html

materi paradigma terpadu,

http://www.4shared.com/file/oAVQGtnP/paradigma_terpadu.

fungsionalis struktural

http://www.4shared.com/document/V3DpbCwX/FUNGSIONALIS_STRUKTURAL.html

rangkuman buku clifort gertz

http://www.4shared.com/file/uT2Cc7PH/buku_clifort_gertz.html

sosiologi agama

http://www.4shared.com/document/Q79QiBnJ/Sosiologi_agama.html

perencanaan partisipatif

http://www.4shared.com/file/m2OHmglu/perencanaan_partisipatif.html

Rabu, 14 Desember 2011

media

http://www.4shared.com/document/cI87ha0Y/MEDIA.html
http://www.4shared.com/document/cI87ha0Y/MEDIA.html

Melindungi dan melayani ???



VIVAnews - Markas Besar Kepolisian RI akan melindungi perekam video pembantaian petani di Mesuji, Lampung. Polisi pun akan mencari keterangan tambahan dari pelapor mengenai peristiwa tersebut.

"Prinsipnya, Polri akan melindungi siapapun. Bahkan tersangka pun kalau mau digebukin orang harus kami lindungi," kata Kabareskrim Komjen Sutarman di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 14 Desember 2011.

Namun Sutarman masih merahasiakan siapa pelapor video tersebut. "Kalau pemberi informasi saya sebut namanya kan nanti tidak mau kasih informasi lagi," ujarnya.

Polisi, lanjut Sutarman, juga akan mencari informasi mengenai peristiwa pembantaian tersebut. "Kita cari dari mana sumbernya. Kalau kita bicara logika masa iya sih orang sadis gitu," ujarnya.

Dugaan pembantaian massal petani ini terkuak saat para petani mendatangi Komisi III Bidang Hukum DPR pagi tadi. Para petani yang didampingi Mayor Jenderal (Purn) Saurip Kadi membawa bukti rekaman video pembantaian 30 petani di Tulang Bawang Bawang Induk dan Tulang Bawang Barat, Lampung.

Piramida Garut Lebih Tua dari Piramida Mesir


   "Warga Tak Keberatan Penggalian di Lalakon"
    Merawat Keyakinan Atlantis Minus Bukti Ilmiah
    Gunung Piramida Diabadikan dalam Buku
    Membongkar Isi Perut 'Gunung Piramida'
    Ditemukan 'Batu Bronjongan' di Gunung Lalakon

VIVAnews - Tim Katastropik Purba menemukan fakta mengagetkan sehubungan dengan misteri piramida Garut, Jawa Barat. Dari hasil penelitian intensif dan uji karbon dipastikan bahwa umur bangunan yang terpendam dalam gunung wilayah Garut lebih tua dari Piramida Giza yang berada di Mesir.

Tim Katastropik Purba sebelumnya telah melakukan penelitian intensif atas dugaan adanya bangunan berbentuk piramida di Desa Sadahurip, dekat Wanaraja, Garut, Jawa Barat.

“Dari beberapa gunung yang di dalamnya ada bangunan menyerupai piramid, setelah diteliti secara intensif dan uji carbon dating, dipastikan umurnya lebih tua dari Piramida Giza,” terang Andi Arief, Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana, dalam keterangan tertulis pada 20 November 2011.

Sekadar catatan, Piramida Giza selama ini dikenal sebagai piramida tertua dan terbesar dari 3 piramida yang ada di Nekropolis Giza. Piramida ini diyakini sebagai makam Firaun, Dinasti keempat Mesir, Khufu, yang dibangun selama lebih dari 20 tahun pada kurun waktu sekitar tahun 2560 sebelum Masehi.

Temuan Mencengangkan

Dalam beberapa waktu ke depan, lanjut Andi, Tim Katastropik Purba akan melakukan paparan publik tentang temuan-temuannya tersebut. Tak hanya soal temuan piramida di Garut tersebut, tim ini nantinya juga akan memaparkan temuan istimewa di kawasan Trowulan, Batu Jaya, beberapa lokasi menhir di Sumatera dan lain-lain.

“Ada temuan mencengangkan tentang uji carbon dating pada 3 lapis kebudayaan di kawasan Trowulan yang terlanjur kita sebut Majapahit pada zaman sejarah masehi itu. Juga tentang temuan-temuan lapisan sejarah di Lamri, Aceh, dan sekitarnya,” terang Andi.

Atas temuan ini, sambungnya, Tim Katastropik Purba akan terus berkoordinasi lintas ilmu kebumian sehubungan dengan temuan-temuan sejarah bencana-bencana lokal dan global untuk dicari mitigasinya.

Tim tersebut juga akan terus berkoordinasi dengan bidang kepurbakalaan, antropologi, arkeologi, pakar budaya, ahli sejarah dan lainnya. (ren)
• VIVAnews

Gangguan Kecemasan Generalized Anxiety Disorder (GAD)



Suatu hal yang wajar jika Anda merasa gelisah, khususnya ketika mengalami stres. Tetapi jika anda mengalami kegelisahan yang mempengaruhi aktivitas sehari-hari anda mungkin memiliki generalized anxiety disorder atau gangguan kecemasan umum.

GAD dapat dialami pada saat kanak-kanak atau saat dewasa. GAD ini sama dengan perasaan panik, obsesif-kompulsif dan jenis lain dari kegelisahan, akan tetapi berbeda kondisinya.

Plus Minus Ganja dalam Dunia Pengobatan


 
KOMPAS.com - Di banyak negara, tanaman ganja (canabbis sativa) digolongkan ke dalam narkotika.  Meski sebenarnya tanaman ini memiliki manfaat dalam dunia pengobatan, tetapi beberapa badan pengawas obat menyatakan ganja ilegal dan kurang disetujui penggunaannya.

Laporan bertajuk Marijuana and Medicine: Assessing the Science Base, merupakan salah satu kajian paling komperhensif mengenai ganja yang ditulis tahun 1999 oleh organisasi medis nonpemerintah, Institute of Medicine. Dalam laporan ini diuraikan secara rinci apa saja plus minus penggunaan ganja.

Mengapa Sondang Bakar Diri ?




    Sondang Berpesan Lanjutkan Perjuangan
    Pemerintah Harus Berkaca pada Kasus Sondang
    Sondang Mahasiswa Aktivis Marhaen
    RSCM Memberi Pertolongan Maksimal

oleh : dr.Andri,SpKJ *

Saya terus terang kaget ada berita tentang pendemo yang bakar diri di depan Istana Merdeka beberapa waktu lalu. Lebih kaget lagi karena ini dilakukan oleh seorang yang secara usia memang sudah dalam taraf disebut dewasa muda.

Selasa, 13 Desember 2011

langkah menggunakan metode wawancara dalam penelitian

http://www.4shared.com/document/VQh_8Sha/Pengumpulan_Data_-Wawancara.html

struktur masyarakat jawa,santri,abangan

http://www.4shared.com/document/XeAk1HAo/Bahan_Diskusi_Buku_Abangan-San.html

nilai-nilai dasar integrasi

http://www.4shared.com/document/62c2mDfe/NILAI-NILAI_DASAR_INTEGRASI.html

sosiologi terapan interaksionis

http://www.4shared.com/document/2pgSeddI/Sosiologi_Terapan_Interaksioni.html

Pemerintah Sediakan Beragam Beasiswa



Soelastri Soekirno | Nasru Alam Aziz | Kamis, 8 Desember 2011 | 21:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memiliki beragam beasiswa bagi mahasiswa Indonesia yang bersekolah di dalam maupun luar negeri. Ada empat jenis bea siswa yang dikelola kementerian tersebut, yakni Bidik Misi, Prestasi Akademik, Olimpiade Sains Internasional (OSI), dan Unggulan.
Kecuali OSI yang memang hanya ditujukan bagi siswa SMA yang pernah menjadi juara dalam olimpiade sains tingkat nasional dan internasional, semua mahasiswa bisa mendapatkan formulir pendaftarannya di fakultas masing-masing. Maksudnya, penentu apakah lamaran mahasiswa untuk mendapat beasiswa dikabulkan atau tidak sepenuhnya tergantung penilaian pihak perguruan tinggi.
"Kemdikbud hanya mengirimkan uang yang besarnya sesuai pengajuan pihak universitas. Kami sama sekali tak tahu menahu perihal seleksi untuk penerima beasiswa," kata Thyar, staf Direktorat Kesiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud beberapa waktu lalu.
Berdasarkan fakta itu ia menepis tuduhan masyarakat bahwa pihak Kemdikbud bisa saja merekayasa penerima beasiswa tersebut. Biaya kuliah langsung ditransfer ke rekening perguruan tinggi tempat si penerima beasiswa berkuliah. Sementara uang buku, biaya hidup dan lainnya langsung di transfer ke rekening mahasiswa bersangkutan.
Dodi Dores (18), mahasiswa jurusan Sastra Rusia Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang menjadi salah satu penerima beasiswa Bidik Misi membenarkan keterangan itu. "Saya tidak tahu berapa besar uang kuliah saya, sebab uang langsung dibayarkan ke universitas," ujar Dodi, lulusan SMA Mester Depok Jawa Barat.
Selain mendapat fasilitas tak membayar biaya pendidikan, Dodi juga menerima uang biaya hidup sekitar Rp 600.000 per bulan.
Ia mengakui uang biaya hidup memang tak cukup untuk hidup sebulan, sebab anak tukang ojek itu tinggal di asrama mahasiswa UI yang bertarip Rp 150.000 sebulan. "Ya uangnya dicukup-cukupkan," kata Dodi.
Namun, sementara ini ia belum menerima biaya hidup tersebut. Untuk menyambung hidup selain masih meminta uang kepada abangnya yang menjadi buruh serabutan, Dodi juga mengajar di SMA tempat ia sekolah dan menjadi tenaga magang di kantor Ikatan Alumni di fakultasnya.
"Kerja apa saja yang penting bisa makan dan menyempatkan waktu untuk belajar," katanya.
Selengkapnya tentang beasiswa dan syaratnya dapat dibaca di lembaran Kompas MuDA Harian Kompas edisi Jumat, 9 Desember 2011.